PENGARUH PROMOSI, KEPERCAYAAN DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN HAJI (MABRUR) BANK SYARIAH MANDIRI KCP. SAWANGAN KOTA DEPOK

Makhdaleva Hanura Tajudin*  -  Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
Ade Sofyan Mulazid  -  Fakultas Ekonomi dan Bisnis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Research Results

Abstrak. Pengaruh Promosi, Kepercayaan dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri KCP. Sawangan Kota Depok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh promosi, kepercayaan dan kesadaran merek terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan haji (mabrur) studi kasus Bank Syariah Mandiri KCP. Sawangan Kota Depok. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan 100 responden yaitu nasabah yang menggunakan produk tabungan haji (mabrur). Data yang diolah dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil, diperoleh persamaan regresi: 2.515 + 0.189X1 + 0.359X2 + 0.149X3 + e, berdasarkan analisis data statistik, indikator dalam penelitian ini valid dan variabel reliabel. Dalam uji asumsi klasik, tidak terjadi multikolinieritas dan heteroskedastisitas, serta data berdistribusi normal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel kualitas promosi, kepercayaan dan kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: Promosi, Kepercayaan, Kesadaran Merek dan Keputusan Pembelian.

 

Abstarct. Effect Promotion, Trust and Brand Awareness Decision On Savings Products Customers Using The Hajj (Mabrur) Bank Syariah Mandiri KCP. Sawangan Kota Depok. The purpose of this study was to observe the effect of promotions, trust and brand awareness of the customer's decision to use a savings product Hajj (mabrur) case studies of Bank Syariah Mandiri KCP. Sawangan. This study using purposive sampling of 100 respondents, customers who use the product hajj savings (mabrur). The processed data in this study using multiple linear regression analysis. Based on the results, regression equation: 2,515 + 0.189X1 + 0.359X2 + 0.149X3 + e, based on statistical data analysis, indicators in this study is valid and reliable variable. In the classical assumption, does not happen multikolinieritas and heteroskedastisitas, as well as the normal distribution of data. The results showed that partial and simultaneous sale of variable quality, trust and brand awareness significantly influence purchasing decisions.

 

Keywords: Promotions, Trust, Brand Awareness and Purchase Decision.

Supplement Files

Keywords : Promotions, Trust, Brand Awareness and Purchase Decision.

  1. Daftar Pustaka
  2. Aaker, D.A. “Managing Brand Equity”, The Free Press, New York 1991.
  3. Ahmad Muanas dan Suherman “Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Buana Indomobil Trada” Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3, No. 12 (2014).
  4. Andy Putra Mahkota, Imam Suryadi dan Riyandi “Pengaruh Kepercayaan dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pelanggan Website Ride In)” Junal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 8, No. 2 Maret 2014.
  5. Armayanti “Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan HasilBelajar Siswa Pada Sub Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia DiKelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan”UNIMED: Medan 2011/2012.
  6. Durianto, Darmadi dkk. “Brand Equity Ten, Strategi Memimpin Pasar” PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2004.
  7. Erwan Agus Purwanto dan Dyah Ratih Sulistyastuti “Metode Penelitian Kuantitatif : Untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial” Penerbit Gava Media, Yogyakarta, 2017.
  8. Ghozali, Imam. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2016.
  9. Kopalle dan Lehman. “The Effects of Advertised and Observed Quality on Expectation About New Product Quality”, Journal of Marketing Research,Vol XXXII. P. 280-290, 1995.
  10. Kotler, P dan Kevin Lane Keller. “Manajemen pemasaran. Edisi 13 Jilid 1”. Alih bahasa: Bob Sabran. Editor: Adi Maulana dan Wibi Hardani. Penerbit Erlangga: Jakarta 2009.
  11. Kotler, Philip & Keller, Kevin.“Marketing Management”, 14th edition, Pearson Education Inc, Prentice Hall, 2012.
  12. Kotler, Philip and Gary Armstrong. “Prinsip – prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1”. Erlangga: Jakarta 2012.
  13. Laely Hidayah dan Bulan Prabawani “Pengaruh Suku Bunga, Pelayanan dan Kesadaran Merek (Brand Awareness) Terhadap Keputusan Pengambilan KPR (Studi Pada Nasabah PT Bank Tabungan Negara KC. Semarang)” 2016.
  14. Macdonald, Emma, Sharp, Byron. “Management Perceptions of the Importance of Brand Awareness as an Indication of Advertising Effectiveness” Marketing Bulletin, 14, Article 2. Reprinted from Marketing Research On-Line, 1996, 1, 1-15 (2003).
  15. Monang Ranto Tambunan dan Inggrita Gusti Sari Nasution “Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung di Bank BCA Kota Medan (Studi Kasus Etnis Cina)” Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol.1, No.3, Februari 2013.
  16. Ngakan Putu Surya Adi Dharma dan I Putu Gde Sukaatmadja “Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, dan Kulitas Produk Terhadap Keputusan Membeli Produk Apple” E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No.10, 3228-3255 ISSN:2302-8912. 2015.
  17. Rangkuti, Freddy “Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis”. PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta, 2010.
  18. Rasyid, Sulaiman “Fiqih Islam” Sinar Baru : Bandung 2007.
  19. Rika Yulianti, Marijati Sangen dan Ahmad Rivani “Pengaruh Nilai-nilai Agama, Kualitas Layanan, Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah di Banjarmasin” Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 4, Nomor 2, Juni 2016.
  20. Sugiono, “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)” Bandung: Alfabeta 2011.
  21. Sugiyono,“Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”, Alfabeta, Bandung, 2015.
  22. Suhardi, Gunarto, 2006 “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan dan Loyalitas NasabahPerbankan di Surabay” Jurnal Kinerja Vol. 10 No. 1 tahun 2006.
  23. Sunarto. “Manajemen Pemasaran 2”, Adityamedia: Yogyakarta 2006.
  24. Syukriyah, Tika “Strategi Promosi PT. Lintas Iskandaria Tours Dalam Meningkatkan Jumlah Jama’ah Umrah” Repository.uin.ac.id : Jakarta 2015.
  25. Uslu Merih Otker, Saad Jasim , Antonette Arvai , Jatinder Bewtra &Nihar Biswas “A Survey of Occurrence and Risk Assessment of Pharmaceutical Substances in the Great Lakes Basin” 2013.
  26. Internet
  27. www.bisnisfranchiseonline.com, “Daftar Bank Dengan Program Tabungan Haji”, http://www.bisnisfranchiseonline.com/2015/12/daftar-bank-dengan-program-tabungan-haji.html. Diakses 4 Januari 2017.
  28. www.republika.co.id, Erik Purnama Putra, “Persentase Umat Islam di Indonesia Jadi 85 Persen”, 9-1-2016, http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/01/09/o0ow4v334-persentase-umat-islam-di-indonesia-jadi-85-persen. Diakses 11 Januari 2017.
  29. www.republika.co.id, Fuji Pratiwi “BSM Hentikan Dana Talangan Haji Sejak 2014”, 5-3-2016, http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/syariah-ekonomi/16/03/05/o3kmoi394-bsm-hentikan-dana-talangan-haji-sejak-2014 . Diakses 12 Januari 2017.
  30. www.syariahmandiri.co.id, “Tabungan Mabrur BSM”, https://www.syariahmandiri.co.id/2010/05/tabungan-mabrur-bsm-2/. Diakses 11 Januari 2017.
  31. www.syariahmandiri.co.id, Laporan Keuangan http://www.syariahmandiri.co.id/wp-content/uploads/2010/03/AR-BSM-2015-Lap-Manajemen.pdf. Diakses 1 April 2017

ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam
Published by Departement of Islamic Economics, The State of Islamic University (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten - Indonesia
Main Building of Faculty of Islamic Economics and Business, The State of Islamic University (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Jenderal Sudirman Street, No. 30 Serang 421188 Banten Indonesia
Phone: +62 81511475475
Website: https://journal.islamiconomic.or.id/
Email: asep.dadan@uinbanten.ac.id

ISSN: 2085-3696 (Print)
ISSN: 2541-4127 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps