PENGARUH SYARIAH MARKETING DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH JASINDO OTO PADA PT ASURANSI JASINDO SYARIAH KANTOR PEMASARAN MEDAN

Ivo Mei Utari*  -  Politeknik Negeri Medan, Indonesia
Rizal Agus  -  Keuangan dan Perbankan Syariah, Politeknik Negeri Medan, Indonesia, Indonesia
Azhar Azhar  -  Keuangan dan Perbankan Syariah, Politeknik Negeri Medan, Indonesia, Indonesia

(*) Corresponding Author

ABSTRACT

This research entitled Effect of Shariah Marketing and Coorporate Image on Customer Satisfaction JasindoOto At PT Asuransi JasindoSyariah Medan Marketing Office. This research used a quantitative approach which purposed to answer the question about whether there is the influence of sharia marketing and corporate image partially and simultaneously on customer satisfaction. Data was collected by distributing questionnaires with a sample of 74 respondents using multiple linear regression analysis. The research showed that the validity and reliability test are declared valid and reliable. Sharia marketing hypothesis test a positive and significant impact on customer satisfaction, this is evidenced by the significant value of 0.000<0.05 with a strong correlation of 0.575 and the image of the company and significant positive effect on customer satisfaction, this is evidenced by the significant value of 0.00<0.05 with enough correlation of 0.333. Then for simultaneous test of 26.134 with a significance of 0.000. This means simultaneously independent variables significant positive effect on the dependent variable of customer satisfaction.

Keywords: Sharia Marketing, Corporate Image, Customer Satisfaction

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Pengaruh Syariah Marketing Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah JasindoOto Pada PT Asuransi Jasindo Syariah Kantor Pemasaran Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang apakah terdapat pengaruh syariah marketing dan citra perusahaan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan nasabah. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dengan sampel sebanyak 74 responden dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dan reliabilitas dinyatakan valid dan reliabel. Uji Hipotesis Syariah marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 dengan korelasi yang kuat sebesar 0,575 dan citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,001<0,05 dengan korelasi yang cukup sebesar 0,333. Kemudian untuk uji simultan sebesar  26,134 dengan signifikansi sebesar 0,000. Hal ini berarti secara simultan variabel bebas berpengaruh positif signifikan terhadap variabel terikat yakni kepuasan nasabah.

Kata Kunci: Syariah Marketing, Citra Perusahaan, Kepuasan Nasabah

Keywords : Syariah Marketing, Citra Perusahaan, Kepuasan Nasabah

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Ardianto, Elvianiro, 2016. “Handbook Of Public Relations PengantarKomprehensif”. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
  3. Cahyani, Nofi. 2019. Pengaruh Citra Perusahaan, Relationship Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Fakultas Ekonomi: UniversitasNegeri Yogyakarta.
  4. Company Profile Asuransi Jasindo Syariah.
  5. Darmawi, Herman. 2006. Manajemen Asuransi, Edisi 1,Cet.4. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Dewi Wahyuning, Gusti, Putri. 2019. Pengaruh Karakteristik Syariah Marketing Terhadap Kepuasan Peserta Di PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam: Universitas Islam Negeri SunanAmpel.
  7. Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisist Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  8. Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisist Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: BadanPenerbitUniversitasDiponegoro.
  9. Gujarati, Damodar N dan Dawn C Porter. 2012. Dasar-Dasar Ekonometrika Buku 2 Edisi 5. Jakarta: Salemba Empat
  10. Huda, Nurul et al. 2017. Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi. Depok: Kencana.
  11. Pontoh, Michael B et. al., 2014. Kualitas Layanan, Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Bri Cabang Manado. Jurnal EMBA.Vol 2 No. 3 2014, Hal 285-297.
  12. Purwanti, Endang. 2012. Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UmkmDi Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, Vol.5 No.9, Juli 2012.
  13. Soemitra, Andri. 2009. Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Prenadamedia.
  14. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam
Published by Departement of Islamic Economics, The State of Islamic University (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten - Indonesia
Main Building of Faculty of Islamic Economics and Business, The State of Islamic University (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Jenderal Sudirman Street, No. 30 Serang 421188 Banten Indonesia
Phone: +62 81511475475
Website: https://journal.islamiconomic.or.id/
Email: asep.dadan@uinbanten.ac.id

ISSN: 2085-3696 (Print)
ISSN: 2541-4127 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps