Universitas Nurul Jadid - Indonesia
VIRTUAL ACCOUNT SANTRI : IKHTIYAR PESANTREN DALAM MEMBERIKAN LAYANAN PRIMA BERORIENTASI CUSTOMER SATISFACTION DI PONDOK PESANTREN
DOI : 10.32678/ijei.v10i1.129
This article presents the services which is provided by Nurul Jadid Islamic Boarding School using the Virtual Account payment method. In essence, the purpose of a service is to provide a sense of satisfaction for the people who is being served. To achieve this level of satisfaction must be accompanied by facilities and personnel from each side. In providing a service we are required to be sensitive to the wishes and needs of customers. Through the Virtual Account method can be implemented in financial management, especially in the payment process in an educational institution because it can provide convenience, and can be guaranteed in the process of payment transactions. By using this method, the Islamic Boarding School's treasurer can provide services in the form of convenience, guarantees, and concerns of Islamic Students (Santri) or Islamic Student's Parent (Walisantri) when processing payment transactions.
Keywords : Virtual accounts, Pesantren, Costumer Satisfaction
- Ahvie, Furwanti Alvi, and Danar Deny Rahayu, ‘Analisis Kepuasan Pelanggan {Customer Satisfaction) Terhadap Layanan Hypermart Pekanbaru’, Jurnal Ekonomi, 17 (2009), 21–27
- Ardhani, Margaretha, ‘Customer Satisfaction Pengaruhnya Terhadap Brand Preference Dan Repurchase Intention Private Brand’, Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 8 (2008), 58–69
- Arianty, Nel, ‘Analisis Perbedaan Pasar Modern Dan Pasar Tradisional Ditinjau Dari Strategi Tata Letak (Lay Out) Dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Posisi Tawar Pasar Tradisional’, Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 13 (2013), 18–29
- Cahyawati, Laila Rizka, ‘Implementasi Pelayanan Prima Di Sekolah Menengah Kejuruan’, Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2 (2017), 67–74
- Hasanah, Fadilah, ‘Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan’, Jurnal Keluarga, 2 (2016), 8–14
- Irawan, Andri, and Esi Fitriani Komara, ‘Pengukuran Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemerintahan Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung’, Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1 (2017), 123–34
- Irawan, Henky, ‘Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Pelayanan Prima’, 67 (2007), 14–21
- Ismail, Syahid, ‘Strategi Mewujudkan Kemandirian Pesantren Berbasis Pemberdayaan Santri’, Perspektif Sosiologi, 4 (2016), 56–71
- Jamaluddin, and Endang Ruswanti, ‘Impact of Service Quality and Customer Satisfaction on Customer Loyalty : A Case Study in a Private Hospital in Indonesia’, Journal of Business and Management, 19 (2017), 23–33
- Mahdi, Ahdi, ‘Sejarah Dan Peran Pesantren Dalam Pendidikan Di Indonesia’, Jurnal Islamic Review, 2 (2005), 1–20
- Mardalis, Ahmad, ‘Meraih Loyalitas Pelanggan’, Meraih Loyalitas Pelanggan, 9 (2005), 111–19
- Mulyasari, Hestin, Thanh Thi Bi Dan, and A. Bima Murti Wijaya, ‘Analisis Jenis Sistem Pembayaran Elektronik Dalam Transaksi E-Commerce Di Indonesia’, The Electronic Journal on Information Systems in Developing Countries, 49 (2011), 1–16
- Mulyawisdawati, Richa Angkita, ‘Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Di Karita Muslim Square’, Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Afkaruna, 8 (2012), 46–59
- Prakoso, Bayu, and Nurhadi, ‘Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Memakai Jasa Percetakan Embong Anyar Di Gresik’, Jurnal Bisnis Indonesia, 8 (2017), 20–38
- Putri, Anggraini Vini, and Dewi Fatmasari, ‘Majalah Ilmiah Inspiratif, Vol. 3 No. 5 Januari 2018’, Majalah Ilmiah Inspiratif, 3 (2018)
- Rizal, Muhammad, Muhammad Iqbal, and Najmuddin, ‘Model Pendidikan Akhlaq Santri Di Pesantren Dalam Meningkatkan Akhlaq Siswa Di Kabupaten Bireuen Pendahuluan Dinamika Kehidupan Beragama Di Aceh Saat Ini Sedang Mendapat Perhatian Yang Besar Dari Berbagai Kalangan , Terutama Dalam Kaitan Aceh Sebagai Satu’, Pendidikan Islam, 12 (2018), 90–116
- Salsabila, Salma Sekar, ‘Eksistensi Kartu Kredit Dengan Adanya Electronic Money (E-Money) Sebagai Alat Pembayaran Yang Sah’, Privat Law, 6 (2018), 24–33
- Saputra, Trio, and Chintia Bunga Utami, ‘Pelatihan Pelayanan Prima Tentang Perilaku Pemberi’, Warta Lpm, 20 (2010), 61–66
- Seabrook, Jeremy, Kemiskinan Global; Kegagalan Model Ekonomi Neo-Loberalisme, 2006
- Suminar, Ratna, and Mia Apriliawati, ‘Pelayanan Prima Pada Orang Tua Siswa Di Sempoa Sip Tc Paramount Summarecon’, Jurnal Sekretari, 4 (2017), 1–25
- Tazmi Al Rida, Rani, Sri Suwarsi, And Eva Bayuni Misfah, ‘Implementasi Sistem Teknologi Pembayaran Virtual Account Terhadap Kualitas Tata Kelola Keuangan Syariah ( Studi Survei Yayasan Pendidikan Salman Al-Farisi Bandung ) System Implementation Technology of Virtual Account Against Payment to Quality Islamic Fin’, Keuangan Dan Perbankan Syariah, 3 (2017), 162–67
- Usman, Rachmadi, ‘Karakteristik Uang Elektronik Dalam Sistem Pembayaran’, Yurdika, 32 (2017), 134–66
- Utami, Sri Setyaningsih, ‘Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dalam Mempergunakan Jasa Transportasi PT. Solo Central Taxi Disurakarta’, Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 9 (2009), 33–44
- Walangitan, Donald Mac, ‘Perbandingan Tingkat Pelayanan Terhadap Konsumen Indomaret Dan Alfamart Karombasan’, Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 4 (2017), 59–68
- Yuliani, Tri, and Muhammad Kristiawan, ‘Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan Volume 1, No. 2, Juli-Desember 2016’, Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 1 (2016), 122–32