PROMOSI DAERAH DAN E – MARKETING PARIWISATA HALAL TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI YOGYAKARTA

Raja Ela Safira  -  Universitas Alma Ata
Winda Sholikah  -  Universitas Alma Ata, Indonesia
Dhidhin Noer Ady Rahmanto*    -  Universitas Alma Ata, Indonesia

(*) Corresponding Author

Supp. File(s): Research Instrument Research Results Research Instrument

Abstract. Regional Promotion and E-Marketing of Halal Tourism against Tourist Visits in Yogyakarta. This research was conducted to find out how the influence of Halal Tourism Promotion Based on E-Marketing against Tourist Visits in Yogyakarta. Promotion is an important thing that needs to be considered in attracting tourists. In this millennial era, the development of technology very fast, many activities using technology. Furthermore, the using of E-Marketing more suitable for increasing the number of tourists. This research used multiple linear regression method with moderating variables to show the influence of Halal Tourism Promotion Based on E-Marketing Against Tourist Visits in Yogyakarta with data collection techniques used were questionnaires and observations. The result of this research was found that using E-Marketing can increase tourist’s interest to visit halal tourism in Yogyakarta. When using regional promotions only gained 7% and when using E-Marketing increased to 67%.

  

Abstrak.  Promosi Daerah dan E–Marketing Pariwisata Halal Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Yogyakarta.  Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Promosi Pariwisata Halal Berbasis E-Marketing Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Yogyakarta. Promosi merupakan hal penting yang perlu dilakukan dan diperhatikan dalam menarik minat wisatawan. Di era milenial ini teknologi sangat berkembang dengan pesat, sehingga banyak aktivitas yang dilakukan menggunakan teknologi. Dengan demikian penggunaan E-Marketing dinilai cocok untuk meningkatkan wisatawan. Metode pengujian adalah dengan menggunakan metode regresi linier berganda dengan variabel moderating untuk menunjukkan hasil dari penelitian pengaruh Promosi Pariwisata Halal Berbasis E-Marketing Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner dan observasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa penggunaan E-Marketing dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke pariwisata halal di Yogyakarta. Pada awalnya ketika menggunakan promosi daerah hanya memperoleh sebesar 7% dan ketika menggunakian E-Marketing meningkat menjadi 67%.

Supplement Files

Keywords : E-Marketing; Pariwisata Halal; Promosi Pariwisata

  1. Alim, H. T., Riansyah, A. O., Hidayah, K., Muslimin, I., & Adityawarman, A. (2015). Analisis potensi pariwisata syariah dengan mengoptimalkan industri kreatif di Jawa Tengah dan Yogyakarta. PKM-P didanai DIKTI, 1-10.
  2. Aribowo, B. Koinikasi Pemasaran Iklan-Iklan Syari’ah.
  3. Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat, 2010.Pedoman Pendataan Survei Jumlah Penduduk Muslim Indonesia Tahun 2010. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik.
  4. Chookaew, S., Chanin, O., Charatarawat, J., Sripraset, P., & Nimpaya, S. (2015). Increasing Halal Tourism Potential at Andman Gulf in. Journal of Economics, Business and Management, III (7), 277-279.
  5. Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  6. Imanuel, O. J. Analisis Keputusan Pembelian Konsumen melalui Media Online (E-Marketing). Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 4(2).
  7. J. Paul Peter, Jerry C. Olson (2000). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi ke-empat. jilid 1. Jakarta: Erlangga.
  8. Kalyanam, K., & McIntyre, S. (2002). The e-marketing mix: a contribution of the e-tailing wars. Journal of the academy of marketing science, 30(4), 487-499.
  9. Kotler, N. G., Kotler, P., & Kotler, W. I. (2008). Museum marketing and strategy: designing missions, building audiences, generating revenue and resources. John Wiley & Sons.
  10. Lina Munirah, K., & Hairul Nizam, I. (2012). Muslim Tourists. In Typology in Malaysia: Perspectives and Challenges’–Proceedings of the Tourism and Hospitality International Conference (THIC 2012).
  11. Nugraha, Y. M. (2018). Analisis Potensi Pariwisata Halal di Kepulauan Riau. Penelitian dan Karya Ilmiah, 3(2), 63-68.
  12. Rahmanto, D., & Nasrullah, N. (2019). Risiko dan peraturan: fintech untuk sistem stabilitas keuangan. INOVASI, 15(1), 44-52. doi:http://dx.doi.org/10.29264/jinv.v15i1.4339
  13. Sofyan, R. (2012). Prospek Bisnis Pariwisata Syari’ah. Jakarta: Republika.
  14. Tandusan, C. F. (2015). Analisis Komparasi Efektivitas Penjualan Sebelum Dan Sesudah Menggunakan Video Marketing Online Talk Fusion Di Manado. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 3(2).
  15. Yousaf, S., & Xiucheng, F. (2018). Halal culinary and tourism marketing strategies on government websites: A preliminary analysis. Tourism Management, 68, 423-443.

ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam
Published by Departement of Islamic Economics, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten - Indonesia

Main Building of Faculty of Islamic Economics and Business, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Jenderal Sudirman Street, No. 30 Serang 42188 Banten Indonesia
Phone: +62 81511475475
Website: https://journal.islamiconomic.or.id/
Email: asep.dadan@uinbanten.ac.id

ISSN: 2085-3696 (Print)
ISSN: 2541-4127 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps