PROGRAM REJANG LEBONG MAKMUR, SOLUSI MENEKAN ANGKA KEMISKINAN (STUDI PADA BAZNAS KAB REJANG LEBONG)

Abdullah Sahroni*  -  Islamic Economics Department Faculty of Islamic Economics and Business State Islamic University Raden Fatah Palembang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Abstrak. Program Rejang Lebong Makmur, Solusi Menekan Angka Kemiskinan (Studi Pada Baznas Kab Rejang Lebong). Kabupaten Rejang Lebong merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Bengkulu, dan termasuk kabupaten dengan angka kemiskinan yang cukup tinggi, dengan prosentase 17,30%. Kehadiran Badan Amil Zakat Nasional yang memilik otoritas pengaluran dana zakat ke mustahik dengan programnya Rejang Lebong Makmur diharapkan bisa menjadi kunci untuk menekan angka kemiskinan di Rejang Lebong. Bantuan produktif yang diberikan BAZNAS   Kabupaten   Rejang   Lebong   dalam program Rejang Lebong makmur diharapkan mustahik dapat  mengembangkan  usaha  dan  meningkatkan pendapatan mereka. Bantuan produktif  yang  diberikan  pada dasarnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dari mustahik menjadi muzaki. Namun faktanya banyak terjadi miorientasi yang dilakukan beberapa mustahik terhdap dana tersebut sehingga tidak berjalan sesuai harapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), melalui pendekatan kualitatif, dan dengan metode deskriptif. Sumber data diambil dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara di BAZNAS Kabupaten Rejang Lebong. Setelah data terkumpul maka data tersebut dianalisis dengan cara mendeskripsikan metode analisis data yang peneliti gunakan adalah metode analisis data deskriptif, karena penelitian ini bertujua nuntuk mendeskripsikan bagaimana mekanisme dalam distribusi dana zakat bermasalah pada program Rejang Lebong Makmur, faktor penyebab terjadinya bantuan produktif bermasalah  pada  program  Rejang  Lebong  Makmur,  strategi  BAZNAS  Kabupaten Rejang Lebong dalam mengatasi distribusi dana  zakat bermasalah pada program Rejang Lebong Makmur. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan tiga kesimpulan. Pertama, mekanisme dalam distribusi dana zakat bermasalah pada program Rejang Lebong Makmur dalam bentuk bantuan pembinaan usaha produktif   bagi   mustahik   dengan sistem pinjaman tanpa bunga. Kedua, faktor penyebab terjadinya misorientasi bantuan produktif tersebut, kurangnya sifat amanah mustahik, minim sosialisasi tentang bantuan produktif dan kurangnya pengetahuan masyarakat Kabupaten Rejang Lebong tentang peluang usaha ekonomi atau usaha yang dijalankannya. Ketiga, strategi yang dilakukan BAZNAS Kabupaten Rejang Lebong dalam mengatasi distribusi dana  zakat bermaslah pada program Rejang Lebong Makmur melalui pembinaan dan pemahaman mengenai bantuan produktif.



Keywords : Baznas, Zakat Produktif, Kemiskinan

  1. Arif, M. Nur Rianto Al, Teori Makroekonomi Islam, Bandung: Alfabeta, 2010. Asnaini, Zakat Produktif dalam Perspektif Hukum Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2008.
  2. Asqalany, Al-Hafidz Imam IbnuHajar Al-,BULUGHUL MARAM MIN ADILLATIL AHKAAM Versi 3.01,MTS PersisSukasari,2010.
  3. Azwar,Saifudin, MetodePenelitian, Yogyakarta: PT. PustakaPelajar, 1999.
  4. Data dan Informasi Kemiskinan Kabupaten/Kota 2014, Badan Pusat Statistik, Jakarta: CV. Nario Sari, 2015.
  5. Departemen Agama Jakarta, Al-Qur’an Nul Karim, Terjemahan Tafsir PerKata, Bogor: 2007.
  6. Departemen Agama RI, Manajemen Pengelolaan Zakat, Jakarta: Direktorat Pengembangan Zakat dan Wakaf, 2005.
  7. Fakhruddin, Fiqh&Manajemen Zakat di Indonesia, UIN-Malang Press: Sukses Offest, 2008.
  8. Forum Zakat, BAZNAS Targetkan Pengumpulan ZIS Mencapai Rp 5 Triliun, dalam http://forumzakat.org/baznas-targetkan-pengumpulan-zis-mencapai-rp-5- triliun/,aksestanggal 18 Desember 2015.
  9. Hadi, Muhammad, Problematika Zakat Profesi dan Solusinya, Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
  10. Hafidhuddin, Didin, Zakat dalam Perekonomian Moderen, Jakarta: Gema Insani,2002.
  11. Hamid, Abdul, Fikih Zakat, Curup: LP2 STAIN Curup, 2012.
  12. Hasan, Ali, Zakat dan Infak: Salah Satu Solusi Mengatasi Problema Sosial di Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006.
  13. Khasanah,Umrotul, Manajemen Zakat Modern Instrumen Pemberdayaan Ekonomi Umat, Malang: UIN-Maliki Perss, 2010.
  14. Laporan Rekapitulasi Pinjaman Produktif , BAZNAS Kab. Rejang Lebong. Tahun 2012-2014.
  15. Marzuki, Metodologi Riset, Fakultas Ekonomi UII, Yogyakarta: 2000.
  16. Moleong,Lexy J, MetodePenelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.
  17. Muhammad,Sahri, Mekanisme Zakat dan Permodalan Masyarakat: Pengantar untuk Rekonstruksi Kebijakan Pertumbuhan Ekonomi, Malang: Bahtera Press, 2006.
  18. Mukhlisin, Pendistribusian Dana Zakat Untuk Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat pada BAZDA Kab Karawang, Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2009.
  19. Profil BAZNAS Kab. Rejang Lebong Tahun 2015-2020.
  20. Qardawi, Yusuf, Hukum Zakat., terj. Salman Harun, et al., Jakarta: Lentera Antar Nusa, 1998.
  21. Rahayu, Iin Tri dan Tristiadi Ardi Ardani, Observasi dan Wawancara, Malang: Bayu Media, 2004.
  22. Rakhma, Annisa Nur, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesejahteraan Mustahik Penerima ZIS Produktif (Studi pada Lagzis Baitul Ummah Malang), Jurnal
  23. Saleh, H.E. Hasan, Kajian Fiqh Nabawi & Fiqh Kontemporer, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.
  24. Shiddieqy,Teungku Muhammad Hasbi Ash, Pedoman Zakat, Semarang: Pustaka Riski Putra, 1997.
  25. Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta2010.
  26. Wulansari SinthaDwidanAchmaHendraSetiawan,Analisis Peranan Dana Zakat Produktif Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Mustahik (Penerima Zakat) (Studi Kasus Rumah Zakat Kota Semarang), Diponegoro Journal Of Economics,Volume 3, Nomor 1, Tahun 2014

ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam
Published by Departement of Islamic Economics, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten - Indonesia

Main Building of Faculty of Islamic Economics and Business, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Jenderal Sudirman Street, No. 30 Serang 42188 Banten Indonesia
Phone: +62 81511475475
Website: https://journal.islamiconomic.or.id/
Email: asep.dadan@uinbanten.ac.id

ISSN: 2085-3696 (Print)
ISSN: 2541-4127 (Online)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here

apps